TUJUAN WISATA – AIR TERJUN SINGSING

TUJUAN WISATA AIR TERJUN SINGSING – BULELENG

Pada waktu musim panas, volume air terjun relatif menurun. Jalan menuju air terjun yang sedikit mendaki merupakan kegiatan yang cukup menarik bagi yang menyenangi kegiatan trekking. Letaknya yang tidak jauh dari kawasan Lovina, bahkan dapat dicapai dengan jalan kaki dari Lovina, menjadikan obyek ini banyak dikunjungi wisatawan yang umumnya mereka yang tinggal di kawasan wisata Lovina. Tidak jauh dari air terjun Singsing ini, terdapat monumen yang dikenal dengan nama monumen Belanda. Monumen ini dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda untuk memperingati gugurnya seorang Perwira tentara Belanda dalam perang Banjar pada tahun 1868. Sekitar tahun 1956 menumen ini dihancurkan oleh karena dianggap menghormati penjajahan Belanda. Akan tetapi pada tahun 1992 monumen ini dibangun kembali oleh Pemda Kabupaten Dati II Buleleng dengan maksud bahwa sejaran tidak bisa dihapus, disamping monumen itu juga melambangkan kepahlawanan rakyat Banjar yang mampu menewaskan perwira tentara Belanda.

Lokasi
Air terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji Desa Temukus Kecamatan Banjar 3 km dari Lovina dan 13 km dari Singaraja. Untuk menuju obyek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor sampai jalan jurusan ke desa Tigawarsa. Suatu tanda penunjuk arah menunjukkan jalan yang harus diikuti dengan berjalan kaki sepanjang lebih kurang 600 meter untuk sampai kepada air terjun yang pertama. Untuk mencapai air terjun kedua yang letaknya lebih tinggi harus melalui jalan yang terjal.

Fasilitas
Terdapat fasilitas parkir yang dibangun dan diusahakan oleh Banjar setempat. Terdapat juga warung di tempat parkir yang menjual minuman. Meskipun jalan setapak menuju air terjun tidak dikeraskan namun jalannya cukup baik sehingga menambah suasana alamiahnya.

Kunjungan
Wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara banyak mengunjungi air terjun ini karena suasananya yang tenang, alami dan untuk kesegaran jasmani.

Deskripsi
Tidak ada petunjuk yang dapat dipergunakan bagaimana nama Singsing ini diperoleh. Namun masyarakat, demikian juga para pengunjung dan wisatawan menyebutnya air terjun singsing. Lokasi air terjun di daerah perbukitan memberikan pemandangan ke arah Utara hamparan pantai Lovina memberikan daya tarik yang cukup memikat.

Pos ini dipublikasikan di Air Terjun, PARIWISATA, Pegunungan, WISATA ALAM dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke TUJUAN WISATA – AIR TERJUN SINGSING

  1. resep masakan berkata:

    Waaaa,, jadi pengen mandi ngliat air terjunnya … byuurrrrrrrrrrrrrrr

  2. info kesehatan berkata:

    kapan ya bisa ke BALI,,,,
    pengen stadium akhir,,,,huaaaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s