TUJUAN WISATA – SIOBAK SINGARAJA

Tujuan Wisata Kuliner – Siobak Singaraja Bali.

Siobak terdiri dari berbagai macam daging babi. Ada samcan, kulit, daging babi merah dan daging goreng yang semuanya disajikan dengan kuah coklat kental yang sangat berasa aroma bawang putihnya. Selain itu siobak juga dilengkapi dengan keripik kulit babi yang sangat kriuk dan irisan acar. Jika ingin pedas bisa ditambahkan sambal botol (kurang nendang) dan irisan cabai hijau.
Paduan rasa antara daging yang disiram kuah coklat kental memberikan rasa ketagihan. Rasa gurih dan aroma bawang putih mendominasi makanan ini. Daging babi merah yang biasanya kalo di Jakarta cenderung manis, terasa gurih. Hal ini mungkin karena kultur di Bali yang makanannya tidak didominasi rasa manis.

Siobak memang masakan Cina aslinya, namun sudah beradaptasi dengan lidah setempat sehingga sangat popular dan sangat disukai di Bali, terutama di Bali Utara. Dari sana ketenarannya menyebar ke seantero Pulau Bali dibawa oleh para perantau asal Bumi Panji Sakti ini. Penjualnya pun bukan melulu warga keturunan Cina, melainkan sebagian besar adalah orang Bali asli.

Walaupun demikian Siobak yang paling terkenal adalah Siobak Khe Lok yang dibuka pertama kalinya pada tahun 1963 di Kampung Tinggi, Kota Singaraja. Siobak Khe Lok yang dikelola oleh Ketut Antara atau Yu An dengan iparnya ini sejak lama menuai sukses karena rasanya yang mak nyuusss sehingga sekarang membuka cabang di tempat-tempat lain di Singaraja, bahkan sampai ke Denpasar (di jalan Gatsu Timur, sebelah timur perempatan Jalan Nangka). Bahan dasar siobak memang daging babi (daging babi lapis, kulit kepala, jeroan babi dan kerupuk kulit babi) dilumuri bumbu yang mengandung kaldu babi, kecap, bumbu khas Cina yaitu ngo hyang, bumbu tauco dan tepung kanji. Jangan lupa menambahkan cuka ke dalam saus siobak ini supaya makin kuat rasa manis, asam dan asinnya sehingga tambah lezaat. Alamat Siobak Khe Lok: Jalan Surapati 66, Kampung Tinggi, Singaraja, Bali.

Pos ini dipublikasikan di PARIWISATA, Siobak, WISATA KULINER dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s